Haji/Umrah

Sa'i (Umrah)

A. Tatacara Sa'i

Sa'i artinya berjalan agak cepat (mirip lari-lari kecil) yang dimulai dari bukit Shafa ke bukit Marwah dan sebaliknya sebanyak 7 kali. Dimulai dari bukit Shafa dan berakhir di bukit Marwah. Hitungan 7 kali adalah sekali jalan.

Adapun tatacara sa'i adalah: 1) dimulai dari bukit Shafa; 2) mengenakan pakaian ihram; 3) berjalan agak cepat; 4) mengangkat telapak tangan (bukan mengangkat lengan seperti orang yang sedang shalat) sambil membaca talbiyyah dan do'a-do'a; 5) tertib yang berakhir di bukit Marwah.

 

B. Do'a Sa'i-1

Ketika sedang naik menuju bukit Shafa dan Marwah :

إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ (البقرة: 158)

"Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah bagian dari syi'ar Allah. Siapa yang beribadah haji atau umrah ke Baitullah, tidak ada dosa baginya mengerjakan sa'i antara keduanya. Dan siapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui." (Q.S. al-Baqarah [2]: 158).

 

C. Do'a Sa'i-2

Ketika ada di bukit Shafa dan Marwah (sambil menghadap Ka'bah) :

رَبَّناَ آتِناَ فِي

 الدُّنْياَ حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِناَ عَذاَبَ النَّارِ

"Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa api neraka."

Selama Sa'i, juga dapat dibaca do'a dan zikir lain apa saja, termasuk membaca Al-Qur'an.

 

Bookmark Worship