Zakat

Golongan yang Berhak Menerima Zakat

Berdasarkan Al-Quran surah At-Taubah ayat 60, pihak-pihak yang berhak atas harta zakat berjumlah delapan golongan. Mereka adalah:

 

1. Faqir

Faqir adalah orang yang tidak mempunyai harta dan usaha; atau mempunyai harta atau usaha yang kurang dari seperdua kebutuhannya, dan tidak ada orang yang berkewajiban menafkahinya. 

 

2. Miskin

Adapun Miskin adalah orang yang mempunyai  harta  seperdua  kebutuhannya atau lebih, tetapi tidak mencukupi. Atau orang yang biasa berpenghasilan, tetapi pada suatu ketika penghasilannya tidak mencukupi.

 

3. Amil zakat

Amil zakat adalah orang yang diangkat penguasa atau wakilnya untuk mengurus zakat. Tugas- nya meliputi penghimpunan, pengelolaan, dan pendistribusian zakat. Menurut sebagian ulama, bagian amil dari harta zakat adalah seperdelapan dari total yang terhimpun.

 

4. Mu'allaf

Yang termasuk mu'allaf adalah; 

 

5. Riqab

Riqab adalah hamba sahaya yang telah dijanjikan oleh tuannya bahwa ia boleh menebus dirinya. Hamba itu diberikan zakat sekadar untuk menebus dirinya.

 

6. Gharim

Gharim (orang yang berhutang) ada tiga macam;

 

7. Fi Sabilillah

Fi Sabilillah maksudnya balatentara yang berperang di jalan Allah, dengan kehendak sendiri dan tidak mendapatkan gaji tertentu. Ia diberi zakat meskipun kaya sebanyak keperluannya untuk memasuki medan perang. Sebagian ulama memperluas makna Fi Sabilillah pada segala usaha untuk menegakkan ajaran agama Allah, dengan batasan-batasan tertentu. 

 

8. Ibnu sabil

Ibnu sabil adalah orang yang dalam perjalanan yang halal, dan sangat membutuhkan bantuan ongkos sekadar sampai pada tujuannya.

Bookmark Worship